Kemkes Konfirmasi Satu Pasien Cacar Monyet di Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kementerian Kesehatan (Kemkes) menemukan pasien pertama terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia.

Kabar penemuan ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Kesehatan Dr Mohammad Syahril dalam “Temu Media” secara virtual melalui zoom meeting pada Sabtu (20/8/2022).

Pasien pertama terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia ini merupakan pria berusia 27 tahun yang berasal dari Jakarta.

“Pasien ini habis berpergian ke luar negeri dengan gejala dimulai pada 14 Agustus berupa demam dan pembesaran kelenjar. Tetapi, keadaannya baik, tidak berat,” kata Dr Syahril.

Pada 16 Agustus, tubuh pasien muncul lesi, ruam di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian di sekitar area genital.

Pasien terkonfirmasi positif cacar monyet pada Jumat malam (19/8/2022) setelah melakukan pemeriksaan PCR pada Kamis (18/8/2022).

“Saat ini, pasien dalam keadaan baik-baik saja. Dalam istilah Covid-19 gejalanya ringan. Pasien tidak perlu dirawat di ruang isolasi, tapi cukup isolasi mandiri di rumah,” terang jubir Kemkes ini.

Sebelum ada pasien pertama terkonfirmasi cacar monyet ini, ada 22 kasus di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki gejala serupa. Namun, telah dinyatakan negatif cacar monyet.

Penemuan pasien pertama cacar monyet di Indonesia ini menambah jumlah kasus di seluruh dunia yang sudah mencapai 39.708 dari 89 negara dengan adanya angka kematian sekitar 400 orang.

Pada Sabtu (23/7/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global karena kasusnya telah menyebar di berbagai belahan dunia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kemkes #Konfirmasi #Satu #Pasien #Cacar #Monyet #Indonesia

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts