Wadirkrimum Polda Metro Dicopot Buntut Kasus Brigadir J, Penggantinya Akan Ditunjuk Mabes Polri

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya menunggu keputusan Mabes Polri soal penunjukan wakil direktur reserse kriminal umum (wadirkrimum) baru pengganti AKBP Jerry Raymond Siagian.

Read More

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan ketika membenarkan Jerry dan sejumlah kepala subdirektorat (kasubdit) di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dimutasi buntut penanganan kasus penembakan Brigadir J.

“Terkait dengan surat telegram dari Mabes Polri tentang mutasi anggota Polri, yang kami terima berjumlah 24 orang,” ujar Zulpan saat ditemui wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/8/2022).

“Dari 24 itu, ada sebagian anggota Polda Metro Jaya, di antaranya wadirkrimum dan beberapa kasubdit yang ada di Ditreskrimum Polda Metro Jaya,” sambung dia.

Menurut Zulpan, penunjukan sosok pengganti Jerry Raymond Siagian sebagai wadirkrimum Polda Metro Jaya merupakan wewenang Mabes Polri.

Sementara itu, untuk jabatan kasubdit di Ditreskrimum, lanjut Zulpan, menjadi wewenang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Fadil akan membahas nama-nama kasubdit yang baru dalam waktu dekat.

“Untuk jabatan wadirkrimum tentunya menjadi wewenang dari Mabes Polri,” kata Zulpan.

Sebelumnya, Mabes Polri memutasi sembilan anggota Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan yang diduga tidak profesional dalam penanganan kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, sembilan perwira menengah dan perwira pertama itu dimutasi ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Mutasi sembilan perwira Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Nomor ST/1751/VIII/Kep./2022 yang terbit pada Senin (22/8/2022).

“(Surat telegram) ditandatangani oleh As SDM (Asisten Sumber Daya Manusia) atas nama Kapolri,” kata Nurul saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

Berikut daftar sembilan perwira Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jaya Selatan yang dicopot dari jabatannya dan dimutasi ke Yanma Polri:

  1. Kapolres nonaktif Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto
  2. Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Raymond Siagian
  3. Kasubdit III Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen
  4. Kasubdit V Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP H Pujiyarto
  5. Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah
  6. Kanit II Subdit IV Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Abdul Rahim
  7. Kanit V Subdit I Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Dermawan Kristianus Zendrato
  8. Kanit II Subdit I Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Bhayu Vhishesha
  9. Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Ipda Arsyad Daiva Gunawan

Adapun Kombes Budhi Herdi saat ini telah ditempatkan di tempat khusus oleh Polri.

Sebagai informasi, sebelum sembilan perwira tersebut dimutasi ke Yanma Polri, ada beberapa perwira Polres Jakarta Selatan yang lebih dulu dimutasi buntut penanganan kasus penembakan Brigadir J.

Mereka yakni Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Rhekynellson Soplanit dan Kanit 1 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual.

Untuk diketahui, dalam kasus penembakan Brigadir J, ada puluhan polisi yang diperiksa Inspektorat Khusus (Itsus) Polri terkait pelanggaran etik.

Per 19 Agustus 2022, jumlah polisi yang diperiksa terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua berjumlah 83 orang.

Namun, polisi yang telah ditempatkan di tempat khusus berjumlah 18 orang, kemudian berkurang menjadi 15 orang, setelah tiga lainnya ditetapkan sebagai tersangka.

Ketiganya yaitu Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, dan Bripka Ricky Rizal. Ketiga tersangka telah ditahan.

Kemudian, dari 15 orang yang sudah ditempatkan di tempat khusus, enam di antaranya diduga melakukan tindak pidana, bukan sekadar melanggar kode etik.

Keenam orang tersebut dianggap menghalangi penyidikan dalam kasus kematian Brigadir J.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wadirkrimum #Polda #Metro #Dicopot #Buntut #Kasus #Brigadir #Penggantinya #Akan #Ditunjuk #Mabes #Polri #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts