Ada Lukisan Jokowi Bawa Pistol, Ini Kata Sekjen PDI-P

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menghadiri pameran lukisan bertema “Freedom Of Harmony” yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI di Jakarta, Selasa, (23/8/2022).

Read More

Dari sejumlah lukisan, ada satu yang menarik perhatian para awak media, yaitu gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memegang sebuah pistol di tangan kanannya.

Menurut Hasto, ada makna tersendiri dari lukisan yang berjudul “Bongkar” itu.

“Ya artinya ketegasan dari pak Jokowi. Ini dalam pandangan saya, itu diperlukan dan sangat penting di dalam menjaga ketertiban sosial, menegakan hukum,” kata Hasto ditemui di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Selasa.

Dia berpandangan, lukisan tersebut bukan menggambarkan sosok Jokowi sebagai pemimpin yang otoriter.

Namun, para seniman hendak mengekspresikan sosok presiden yang tegas dan membangun tertib sosial melalui penegakan hukum.

“Dan itu kalau dalam filosofi wayang hasto broto, itu kan juga ada kalau seorang pemimpin itu kan juga bisa bertindak sebagai api. Dengan ketagasannya, untuk membereskan segala hal yang tidak baik di dalam masyarakat,” tutur Hasto.

Sebagai informasi, lukisan itu dipatok seharga Rp 20 juta.

Lukisan ini dibuat oleh seniman rupa, Edi Markas. Dia membuat lukisan itu pada tahun ini.

Hasto menambahkan, dalam pameran ini juga dihadirkan sejumlah lukisan tentang kemerdekaan Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah lukisan bergambar Proklamator Kemerdekaan RI yaitu Presiden Pertama RI Soekarno. Kemudian ada pula lukisan bergambar Bung Tomo, hingga Fatmawati.

“Ya ini sebagai contoh dari para seniman berimajinasi tentang kemerdekaan Indonesia, tentang harapan kita merdeka, tentang berbagai peristiwa-peristiwa sejarah yang ditayangkan dalam lukisan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ada #Lukisan #Jokowi #Bawa #Pistol #Ini #Kata #Sekjen #PDIP #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts