Mark Zuckerberg Tanggapi Ejekan Netizen soal Avatar Metaverse yang Mirip Game

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Baru-baru ini CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengunggah sebuah gambar avatar digital dirinya yang sedang berswafoto (selfie) di depan Menara Eiffel dengan pemandangan perbukitan berwarna hijau.

Read More

Gambar tersebut diunggah untuk merayakan peluncuran Horizon World, yakni aplikasi Facebook versi VR (virtual reality) yang kini hadir di Perancis dan Spanyol, Selasa (16/8/2022).

Gambar itu dipublikasikan melalui akun pribadi Zuckerberg di Facebook. Namun, bukannya disambut meriah, gambar tersebut justru dihujani ejekan dan kritikan warganet.

Gambar avatar tersebut bahkan terlalu datar, dan suasana perbukitan dengan Menara Eiffel di gambar tidak cocok.

Mark Zuckerberg Grafis milik Meta di Horizon World

Salah satu kolumnis dari The New York Times bernama Kevin Roose juga turut menyuarakan pendapatnya.

Menurut Kevin, grafis tersebut lebih buruk dibandingkan grafis dari game konsol Nintendo Wii keluaran 2008 lalu.

Tidak sedikit juga yang membandingkan grafis milik Meta dengan desain tahun 90-an, misalnya meme yang menyamakan grafis Meta dengan animasi kartun Jepang “Dragon Ball”.

Nah, melihat banyaknya komentar “negatif” yang berseliweran di dunia maya, Zuckerberg pun angkat bicara.

Zuckerberg mengunggah kembali tampilan avatar digital dirinya dan pemandangan dunia virtual Meta yang ditingkatkan dibanding sebelumnya.

Apabila dibandingkan dengan sebelumnya, avatar digital yang diunggah hadir dengan grafis yang lebih detail dan realistis. Sementara itu, untuk tampilan pemandangannya juga lebih realistis dan memunculkan warna yang lebih beragam.

“Pembaruan besar untuk Horizon dan grafis avatar (akan) segera hadir. Saya tahu bahwa foto yang saya unggah awal minggu lalu (terlihat) sederhana— karena (foto) itu diambil sangat cepat untuk merayakan peluncuran (Horizon World),” tulis Zuckerberg di Instagram dengan handle @zuck.

“Grafik di Horizon mampu melakukan lebih banyak hal, bahkan pada (perangkat) headset, dan Horizon akan berkembang dengan sangat cepat,” tambah Zuckerberg.

Zuckerberg sendiri tidak memaparkan lebih lanjut terkait peningkatan apa saja yang bakal ditambahkan ke avatar tersebut.

Ada kemungkinan bahwa Meta bakal menambahkan sejumlah detail lain pada avatar di Horizon World, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Forbes, Selasa (23/8/2022).

Zuckerberg juga berjanji akan membagikan lebih banyak detail mengenai perkembangan avatar dan Horizon Worlds dalam konferensi Connect mendatang. Konferensi tersebut biasanya digelar pada Oktober setiap tahun.

Menurut laporan dari CNN, Meta sendiri telah menggelontorkan 10 miliar dollar AS untuk pengembangan dunia AR (augmented reality) dan VR (virtual reality), termasuk pengembangan avatar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Mark #Zuckerberg #Tanggapi #Ejekan #Netizen #soal #Avatar #Metaverse #yang #Mirip #Game #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts