Berapa Uang Pensiun Anggota Polri?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerima surat pengunduran diri mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo dari Polri.

Read More

Nantinya, jika pengunduran diri Ferdy Sambo diterima Kapolri, maka jenderal bintang dua yang kini telah menjadi tersangka dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J itu dinilai bisa tetap menerima uang pensiun.

Hal itu diungkapkan pengamat kepolisian Bambang Rukminto seperti dikutip dari pemberitaan , Kamis (25/8/2022).

“Kalau pengunduran diri FS diterima Kapolri, berarti bukan¬†PTDH¬†(pemberhentian tidak dengan hormat) dan Sambo masih berhak menerima pensiun dari negara,” katanya.

Lantas, berapa uang pensiun anggota Polri?

Uang pensiun anggota Polri

KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA Irjen Ferdy Sambo hadir di ruang sidang komisi kode etik Polri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Uang pensiun anggota Polri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penetapan Pensiun Pokok Purnawirawan, Warakawuri/Duda, Tunjangan Anak Yatim/Piatu, Anak Yatim Piatu, dan Tunjangan Orang Tua Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Gaji yang diterima pensiunan polisi berbeda-beda yang disesuaikan dengan pangkat terakhir dan lamanya masa pengabdian di dinas kepolisian.

Berikut ini rincian gaji pensiunan polisi merujuk PP Nomor 20 Tahun 2019:

  • Golongan I atau Tamtama: Rp 1.643.500 – Rp 2.220.600
  • Golongan II atau Bintara: Rp 1.643.500 – Rp 3.024.500
  • Golongan III atau Pama: Rp 1.643.500 – Rp 3.585.500
  • Golongan IV atau Pamen: Rp 1.643.500 – Rp 3.932.600
  • Golongan V atau Pati: Rp 1.643.500 – Rp 4.448.100.

Untuk lebih detail soal penggolongan pangkat di kepolisian, berikut tingkatan pangkat yang berlaku di Polri:

  • Tamtama meliputi Abripol, Abriptu, Abribda, Bharaka, Bharatu, dan Bharada
  • Bintara meliputi Aiptu, Aipda, Bripka, Brigadir, Briptu, Bripda
  • Perwira pertama (Pama) meliputi AKP, Iptu, Ipda
  • Perwira menengah (Pamen) meliputi Kombes, AKBP, dan Kompol
  • Perwira tinggi (Pati) meliputi Jenderal Polisi, Komjen, Irjen, dan Brigjen.

Ferdy Sambo jalani sidang etik

Penampakan Irjen Ferdy Sambo saat memasuki ruang sidang komisi kode etik Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022). KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA Penampakan Irjen Ferdy Sambo saat memasuki ruang sidang komisi kode etik Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022).

Sebagaimana diketahui, Polri menggelar sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen Ferdy Sambo, Kamis (25/8/2022).

Sidang KKEP digelar untuk menentukan status Ferdy Sambo di institusi Polri setelah jenderal bintang dua itu ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, hasil sidang KKEP akan langsung diumumkan begitu sidang telah selesai.

“Insya Allah, nanti selesai sidang langsung diumumkan,” ujar Nurul, kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (25/8/2022) malam.

Sidang etik Ferdy Sambo masih berlangsung

Ia mengabarkan, sidang KKEP saat ini masih berlangsung.

Hasil sidang KKEP, kata Nurul, akan disampaikan dalam konferensi pers yang disampaikan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Kepala Divisi Humas Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dan pihak dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Adapun dalam sidang KKEP terhadap Ferdy Sambo, Polri menghadirkan sebanyak 15 saksi guna mendalami soal pelanggaran, peran, dan konstruksi hukum dalam kasus penembakan Brigadir J.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Berapa #Uang #Pensiun #Anggota #Polri #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts