Gerak Spesifik Sundulan Tanpa Lompatan pada Permainan Sepak Bola

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Gerakan menyundul bola dapat dilakukan dengan berbagai teknik atau cara. Berikut adalah penjelasan mengenai cara melakukan gerak spesifik sundulan tanpa lompatan pada permainan sepak bola.

Read More

Dikutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada enam teknik dasar permainan sepak bola yaitu menggiring bola, menghentikan bola, mengumpan, menembak, menyundul bola, dan merebut bola.

Dalam permainan sepak bola, gerakan menyundul bola disebut dengan istilah heading.

Gerakan menyundul bola dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh yakni kepala.

Tujuan Gerakan Menyundul Bola

Pada sebuah pertandingan sepak bola, gerakan menyundul bola dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menghalau bola yang mengarah ke daerah pertahanan
  • Membuang bola yang mengancam gawang
  • Memotong umpan pemain tim lawan
  • Memberikan umpan kepada rekan setim
  • Mencetak gol ke gawang lawan
Bek AC Milan, Theo Hernandez (tengah), menyundul bola dalam pertandingan Serie A melawan Inter Milan di Stadion Giuseppe-Meazza (San Siro), Milan, 5 Februari 2022. AC Milan menang 2-1 dalam laga bertajuk Derby della Madonnina atau Derbi Milan ini.
AFP/Isabella BONOTTO Bek AC Milan, Theo Hernandez (tengah), menyundul bola dalam pertandingan Serie A melawan Inter Milan di Stadion Giuseppe-Meazza (San Siro), Milan, 5 Februari 2022. AC Milan menang 2-1 dalam laga bertajuk Derby della Madonnina atau Derbi Milan ini.

Teknik Menyundul Bola

Dilansir dari laman Penjaskes.co.id, ada empat teknik menyundul bola yaitu menyundul bola dengan sikap berdiri, menyundul bola sambil melompat, menyundul bola sambil berlari, dan menyundul bola dengan sikap melayang.

Teknik menyundul bola yang dilakukan tanpa gerakan melompat adalah menyundul bola dengan sikap berdiri.

Berikut adalah cara melakukan gerak spesifik sundulan tanpa lompatan pada permainan sepak bola.

1. Pastikanlah badan dalam sikap berdiri di tempat dan tidak sedang bergerak.

2. Posisikanlah tubuh ke arah datangnya bola, kemudian tekuklah kedua kaki.

3. Ketika bola akan mendekat, tariklah tubuh ke belakang untuk membangun momentum menyundul. Sementara itu, fokus pandangan tetap ke arah bola.

4. Gunakanlah kekuatan otot perut untuk melakukan dorongan panggul. Saat bola mendekat, luruskanlah kedua kaki.

5. Perkenaan bola ketika menyundul adalah di bagian dahi. Pada saat menyundul, mata tetap terbuka kemudian arahkanlah bola sesuai keinginan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Gerak #Spesifik #Sundulan #Tanpa #Lompatan #pada #Permainan #Sepak #Bola

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts