Cara Cek Informasi Gempa Terkini BMKG

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Informasi mengenai gempa terkini dapat diketahui masyarakat melalui laman atau aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Read More

Selain itu, informasi gempa terkini juga dapat dipantau melalui sejumlah akun media sosial BMKG, @infoBMKG, mulai dari Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Lantas, bagaimana cara memperoleh informasi gempa terkini?

Berikut cara mengecek informasi gempa terkini via laman BMKG hingga aplikasi BMKG:

Cara cek informasi gempa terkini via laman BMKG

  1. Buka laman https://www.bmkg.go.id/
  2. Pilih menu “Gempabumi & Tsunami”
  3. Klik lagi menu “Gempabumi Terkini (M>5.0)”
  4. Akan tersaji data gempa bumi terkini, lengkap dengan informasi magnitudo hingga waktunya.

Cara cek gempa terkini via aplikasi Info BMKG

  1. Unduh aplikasi Info BMKG melalui Google Play Store atau App Store
  2. Jika sudah terunduh, buka aplikasi tersebut
  3. Informasi soal gempa terkini akan tertera di beranda aplikasi, lengkap dengan waktu, magnitudo, hingga lokasi gempa.

Wilayah Indonesia kerap diguncang gempa, kenapa?

KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN Ilustrasi Gempa Bumi

Beberapa waktu lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono mengatakan, Indonesia kerap diguncang gempa bumi karena dampak dari banyaknya sumber gempa.

“Kita itu saat ini memiliki enam zona subduksi lempeng. Kemudian kalau dirinci, masih 13 segmen megathrust. Itu generator atau pembangkit gempa dahsyat,” ujar Daryono kepada Kompas.com, belum lama ini.

Adapun beberapa segmen megathrust ada di barat Sumatera, Selatan Jawa, Utara Sulawesi, laut Maluku, Utara Papua, dan lainnya.

“Dan itu potensi terjadinya tsunami sangatlah tinggi,” kata dia.

Tidak hanya zona megathrust, imbuh Daryono, terdapat pula zona sesar aktif yang merupakan lempengan yang patah dan bergeser.

Zona sesar aktif

Warga membersihkan puing rumahnya yang runtuh akibat gempa di Lubuk Panjang, Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (8/3/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta Pemkab Pasaman Barat melakukan penyesuaian tata ruang dan mitigasi bencana setelah ditemukannya patahan baru pascagempa Magnitudo 6,1 di daerah itu yakni sesar Talamau.Antara Foto/Iggoy el Fitra Warga membersihkan puing rumahnya yang runtuh akibat gempa di Lubuk Panjang, Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (8/3/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta Pemkab Pasaman Barat melakukan penyesuaian tata ruang dan mitigasi bencana setelah ditemukannya patahan baru pascagempa Magnitudo 6,1 di daerah itu yakni sesar Talamau.

Zona sesar aktif tersebut ada lebih dari 295 titik dan siap terjadi secara bergantian.

Dengan demikian, bila menjumpai terdapat kejadian gempa yang berdekatan lokasi dan waktunya, hal itu bukan karena saling picu atau saling menjalar.

“Itu hanya kebetulan saja, jadi sampai saat ini pun secara empiris untuk membuktikan sebuah gempa dapat memicu gempa lain, itu masih sulit untuk dibuktikan,” jelas Daryono.

Menurut Daryono, Indonesia berada di kawasan sesar aktif dan kompleks.

Aktif dengan kata lain kejadian gempa sangatlah tinggi, sedangkan kompleks artinya berbagai macam sumber gempa ada di Indonesia.

“Kalau di Indonesia itu banyak terjadi gempa, ya wajar-wajar saja. Karena banyak sumber gempa itu tadi,” terang dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Cek #Informasi #Gempa #Terkini #BMKG #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts