Aturan Terbaru Naik Kereta Api, Penumpang Berusia 18 Tahun ke Atas dari Jakarta dan Sekitarnya Wajib Vaksin Booster

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Penumpang kereta api berusia 18 tahun ke atas, yang berangkat dari stasiun di Jakarta dan sekitarnya, wajib sudah vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Read More

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Eva Chairunisa mengatakan, aturan itu diberlakukan guna menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 26 Agustus 2022.

Aturan ini berlaku mulai Selasa (30/8/2022).

“Mulai 30 Agustus 2022, calon penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek yang berusia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster,” kata Eva dalam keterangannya, Senin (29/8/2022).

Sementara untuk calon penumpang yang berusia 6-17 tahun wajib sudah melakukan vaksinasi kedua.

“Sebelumnya calon penumpang yang belum vaksin booster masih diperbolehkan melengkapi dengan hasil negatif RT-PCR, tetapi mulai besok hal tersebut tidak berlaku lagi,” ujar Eva.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KAJJ yang berlaku mulai 30 Agustus 2022:

1. Usia 18 tahun ke atas:

a) Wajib vaksin ketiga (booster)

b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua

b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

UPDATE 27 Agustus: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 72,81 Persen, Booster 25,67 Persen

2. Usia 6-17 tahun:

a) Wajib vaksin kedua

b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Aturan #Terbaru #Naik #Kereta #Api #Penumpang #Berusia #Tahun #Atas #dari #Jakarta #dan #Sekitarnya #Wajib #Vaksin #Booster #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts