8 Obat Memar Alami yang Praktis dan Mudah Dijajal

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Memar adalah kondisi ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit rusak karena terbentur atau cedera.

Pecahnya pembuluh darah ini menyebabkan sebagian darah menggenang di bawah permukaan kulit.

Umumnya, darah yang terperangkap ini dapat diserap kembali oleh tubuh ketika luka sudah sembuh. Selama proses pemulihan, kulit yang memar bakal terlihat keabuan atau kebiruan.

Meskipun dapat mengganggu penampilan, ada beberapa obat memar alami untuk menghilangkan bekas benturan atau cedera ini.

Cara menghilangkan memar secara alami bisa dengan pertolongan pertama cedera sampai beberapa bahan alami di rumah. Disarikan dari Healthline dan WebMD, berikut beberapa di antaranya:

Ketika ada bagian tubuh yang memar, coba istirahatkan atau jangan digunakan untuk banyak beraktivitas sementara. Saat mengistirahatkan bagian tubuh yang memar, upayakan untuk menempatkannya di atas jantung. Ganjal dengan bantal atau guling agar lebih nyaman dan proses penyembuhan lebih cepat.

Setelah cedera atau terbentur, segera tempelkan es batu yang dibungkus handuk kecil ke bagian tubuh yang berpotensi memar. Terapi ini mendinginkan pembuluh darah dan meminimalkan darah bocor ke jaringan di sekitarnya. Terapkan kompres dingin 10 menit tiap sesi. Tunggu 20 menit sebelum mengompres lagi.

Selain kompres dingin, kompres hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tubuh yang memar. Terapi ini bisa membantu membersihkan darah yang terperangkap setelah memar terbentuk. Anda bisa menempelkan botol berisi air panas, memakai bantalan pemanas, atau mandi air hangat.

Perban elastis juga dapat digunakan sebagai obat memar alami. Perban khusus ini dapat mencegah kebocoran pembuluh darah meluas saat terjadi memar. Selain membantu memar tidak parah, rasa sakit dan bengkak juga dapat berkurang.

Vitamin K adalah nutrisi yang penting untuk pembekuan darah. Studi menunjukkan, mengoleskan krim atau salep yang mengandung vitamin K bisa mengurangi memar. Gunakan krim vitamin K setidaknya dua kali sehari. Atau makan makanan tinggi vitamin K seperti kangkung, bayam, brokoli, selada, stroberi, dan kedelai.

#Obat #Memar #Alami #yang #Praktis #dan #Mudah #Dijajal

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts