13 Penyebab Perut Kiri Bawah Sakit, Bisa Sembelit sampai Radang Usus

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penyebab perut kiri bawah sakit bisa berkaitan dengan gangguan pencernaan, saluran kencing, sampai organ reproduksi.

Rasa sakit perut di sebelah kiri bawah ini bisa berupa nyeri tajam, nyeri seperti ditekan, atau nyeri tak tertahankan yang intens.

Simak penjelasan beberapa alasan kenapa perut kiri bawah terasa nyeri berikut ini.

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah bisa berasal dari masalah kesehatan ringan sampai berat. Disarikan dari Healthline dan MedicalNewsToday, berikut beberapa di antaranya:

Perut kembung bisa menyebabkan begah, sering bersendawa, sampai sakit perut, termasuk perut kiri bawah. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan pemicu kembung seperti kol atau soda, merokok, mengunyah permen karet, atau makan berlebihan.

Susah BAB atau sembelit juga bisa menyebabkan sakit perut, termasuk di bagian kiri bawah. Kondisi ini rentan menyerang orang yang kekurangan serat, jarang olahraga, dan kekurangan cairan.

Divertikulitis adalah penyakit peradangan pada kantong kecil di dinding usus atau divertikula. Penyakit ini bisa menyebabkan sakit perut bagian kiri bawah, sembelit atau diare, demam, mual atau muntah, dan terkadang BAB berdarah.

Penyakit batu ginjal bisa menyebabkan penderita merasakan sakit perut di sebelah kiri, kencing terasa sakit, mual, muntah, badan demam dan menggigil kedinginan, serta rasa nyeri dari perut menjalar ke pinggang sebelah kiri. 

Penyakit celiac terjadi karena gangguan pencernaan gluten. Akibatnya, penderita yang mengonsumsi makanan bergluten bisa mengalami sakit perut, kembung, diare, lemas, atau berat badannya turun tanpa sebab jelas.

Intolentasi laktosa terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Penderita intoleransi laktosa bisa mengalami sakit perut kiri bawah, diare, kembung, dan mual-mual ketika mengonsumsi asupan mengandung laktosa seperti susu, keju, yogurt, atau produk susu lainnya.

#Penyebab #Perut #Kiri #Bawah #Sakit #Bisa #Sembelit #sampai #Radang #Usus

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts