BSU Tahap 5 Cair Hari Ini, Mengapa Status Masih “Calon”?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) Tahap 5 pada hari ini, Rabu (12/10/2022).

Read More

Subsidi gaji sebesar Rp 600.000 ini diberikan kepada pekerja/buruh yang bergaji kurang dari Rp 3,5 juta per bulannya.

Kabar baik kembali hadir untukmu Rekanaker! #BSU2022 Tahap 5 mulai akan dicairkan hari ini ke rekening penerima.

Yuk segera cek rekenigmu, mention teman, tetangga, dan saudaramu agar mereka tahu informasi baik ini!” tulis akun resmi Instagram Kemnaker.

Namun, sejumlah warganet mengalami kejadian status BSU-nya, yakni “Calon”, tak kunjung berubah bahkan dari penyaluran tahap 1.

Yang satu bulan status calon dan belum cair sini kumpul,” tulis akun Instagram @fajarmbetick dalam kolom komentar.

Sampai tahap 5, status masih calon,” tulis akun Instagram @rubezpriyatin dalam kolom komentar.

Lalu, mengapa status BSU masih “calon” hingga di tahap 5?

Penjelasan Kemnaker

Dok. Biro Humas Kemenaker Sekretaris Jenderal Kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) sekaligus chair Employment Working Group (EWG) G2O Anwar Sanusi dalam pertemuan G20 Employment Working Group (EWG).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi menjelaskan arti dari status “calon” penerima BSU.

Menurut Sanusi, ada kemungkinan pekerja tersebut masuk dalam kategori persoalan terkait nomor rekeningnya.

Selama calon penerima BSU tidak melanggar persyaratan sebagai penerima BSU, maka selanjutnya bisa lancar dalam proses penyaluran dana BSU-nya.

“Kalau calon, selama tidak menerima program bansos lain, asal memenuhi kriteria, maka dana bisa tersalurkan,” ujar Anwar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Dua kemungkinan

Sementara itu, ada dua kemungkinan jika seseorang masih berada di tahap “calon penerima”, yakni:

  • Tersaring dalam screening Kemnaker (telah mendapatkan program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau banpres produktif untuk usaha mikro pada tahun berjalan, atau PNS dan TNI/Polri), yang memang tidak bisa disalurkan.
  • Tersaring verifikasi dan validasi bank, dikarenakan rekening tidak aktif/tidak valid. Hal ini masih bisa disalurkan melalui updating data atau PT Pos Indonesia.

Apa yang perlu dilakukan agar status BSU berubah?

Terkait solusi agar status “calon” berubah, Anwar mengatakan, tidak ada yang perlu dilakukan oleh pekerja/buruh yang mengalami status “calon” pada akun BSU-nya.

Ia mengimbau agar pekerja/buruh dengan status “calon” bisa sabar menunggu sampai status berubah hingga pada tahap “tersalurkan”.

“Iya, masyarakat hanya perlu menunggu saja. Saat ini kami koordinasi dengan BPJS (BPJS Ketenagakerjaan) untuk memperbaiki data terkait dengan nomer rekening yang bersangkutan,” kata dia.

Sebagai informasi, perubahan data dapat disampaikan langsung kepada perusahaan domisili pekerja/buruh untuk kemudian disampaikan oleh perusahaan kepada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Perubahan data tersebut akan dikirimkan kembali oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker untuk proses pencairan.

Kemnaker tidak akan memproses lebih lanjut pencairan dana jika data yang diterima tidak sesuai dengan syarat yang diatur dalam Peraturan Menaker Nomor 10 Tahun 2022.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#BSU #Tahap #Cair #Hari #Ini #Mengapa #Status #Masih #Calon #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts