Piala AFF 2022, Saat Terakhir Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Piala AFF 2022 akan menjadi saat-saat terakhir pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, menukangi tim nasional Vietnam.

Read More

Hal tersebut diketahui setelah Park Hang-seo dan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) sepakat mengakhiri kontrak pada 31 Januari 2023.

Pengumuman terkait akhir kontrak Park Hang-seo bersama VFF itu diunggah melalui laman resmi federasi pada Senin (17/10/2022) siang WIB.

“Federasi Sepak bola Vietnam (VFF) dan pelatih kepala tim nasional sepak bola putra, Park Hang-seo, telah mencapai kesepakatan bersama untuk menyelesaikan kontrak pada 31 Januari 2023,” tulis VFF.

“Keputusan bersama antara VFF dan Park Hang-seo berarti bahwa turnamen terakhir Park Hang-seo dengan tim nasional Vietnam adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember,” demikian pernyataan VFF.

Pengumuman tersebut sekaligus menjadi penanda akhir perjalanan Park Hang-seo bersama timnas Vietnam.

Park Hang-seo mulai menukangi timnas Vietnam pada Oktober 2017.

Artinya, pelatih 65 tahun asal Korea Selatan itu sudah menukangi timnas Vietnam selama setengah dekade.

Park Hang-seo mengaku sangat menghargai setiap kenangan yang terukir ketika dirinya menukangi timnas Vietnam.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang tanpa henti memberikan dukungan, dari pemain, staf VFF, hingga masyarakat Vietnam.

“Saya menghargai kenangan yang saya bagikan dalam perjalan 5 tahun saya bersama sepak bola Vietnam. Sebagai pelatih tim U23 dan senior, saya selalu berfokus pada setiap turnamen,” kata Park Hang-seo.

“Terlepas dari hasilnya, saya dapat menyelesaikan semua tanggung jawab karena dukungan tanpa henti dari para pemain, staf VFF, dan orang-orang Vietnam. Sekali lagi, ini adalah perjalanan yang luar biasa dan menyenangkan,” tutur Park Hang-seo.

Dalam pernyataannya, Park Hang-seo juga berjanji akan tetap berpegang pada misinya untuk menjembatani hubungan antara Korea Selatan dan Vietnam.

“Ketika saya ditunjuk pada tahun 2017, saya menyatakan keinginan untuk menjembatani hubungan antara Korea dan Vietnam dalam setiap aspek kehidupan, termasuk sepak bola,” ucap Park Hang-seo.

“Keinginan ini masih tertanam dalam diri saya, dan saya akan terus berperan dalam menjalin persahabatan antara kedua bangsa,” tutur Park Hang-seo menegaskan.

Park Hang-seo telah mengukir sederet prestasi selama menukangi timnas Vietnam (U23 dan senior).

Dia berhasil membawa Vietnam kembali ke 100 besar ranking FIFA pada 19 November 2018 dan menjadi negara berperingkat tertinggi di antara anggota ASEAN.

Selain itu, Park Hang-seo mampu membawa timnas senior Vietnam menjadi juara Piala AFF 2018 dan mencapai perempat final Piala Asia 2018.

Lalu, bersama timnas U23, Park Hang-seo mampu mempersembahkan medali emas SEA Games edisi 2019 dan 2021.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Piala #AFF #Saat #Terakhir #Park #Hangseo #bersama #Timnas #Vietnam #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts