5 Makanan Setelah Operasi Caesar yang Baik Dikonsumsi Ibu Melahirkan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mengonsumsi makanan yang tepat penting untuk membantu proses pemulihan setelah persalinan, termasuk selepas operasi caesar.

Untuk itu, setiap ibu yang baru melahirkan perlu lebih cermat memperhatikan asupan yang dikonsumsinya.

Sebelum menyimak beberapa makanan setelah operasi caesar yang baik dikonsumsi para ibu melahirkan, ada baiknya Anda mengenali dulu pentingnya asupan untuk membantu proses pemulihan pasca-operasi caesar.

Peran makanan yang tepat setelah operasi caesar

Pola makan sehat penting bagi ibu yang melahirkan lewat operasi caesar maupun secara normal.

Menurut American Dietetic Association, makanan bergizi tinggi bisa membantu proses penyembuhan dinding perut dan rahim yang baru dijahit saat operasi caesar.

Asupan tepat juga penting untuk meningkatkan tingkat energi. Ibu melahirkan butuh asupan energi lebih banyak dibandingkan biasanya untuk menyusui bayi yang dilahirkan.

Selain itu, banyak ibu melahirkan yang mengalami sembelit, sehingga butuh dukungan nutrisi tepat agar buang air besar (BAB) tetap lancar.

Makanan yang baik dimakan setelah operasi caesar baiknya tinggi protein, vitamin, mineral, kalsium, dan serat. Berikut beberapa di antaranya:

  • Ikan, telur, ayam, daging

Dilansir dari MomJunction, makanan tinggi protein seperti ikan, telur, ayam, daging bisa membantu pertumbuhan jaringan. Dengan begitu, bisa membantu proses penyembuhan luka setelah operasi caesar. Selain tinggi protein, makanan tersebut juga banyak mengandung asam amino esensial yang penting untuk bayi.

  • Susu, keju, jamur, kangkung, bayam

Susu, keju, jamur, kangkung, sampai bayam banyak mengandung kalsium. Mineral ini penting untuk membantu otot tetap relaks, memperkuat tulang, dan membantu pembekuan darah yang penting untuk mencegah pendarahan setelah operasi caesar.

  • Kuning telur, hati, tiram

Dilansir dari ParentingFirstCry, makanan tinggi zat besi seperti kuning telur, hati, tiram penting untuk menambah produksi darah merah yang banyak keluar saat persalinan. Selain itu, zat besi juga penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh ibu yang baru melahirkan setelah operasi caesar.

  • Melon, semangka, pepaya, brokoli

Melon, semangka, pepaya, brokoli, bayam termasuk beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C. Makanan tinggi vitamin C berguna untuk mencegah infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh setelah operasi caesar. Melon, semangka, dan pepaya juga memiliki kadar air tinggi, sehingga bisa membantu mencegah sembelit.

  • Nasi merah, roti gandum, sayur dan buah

Makanan setelah operasi caesar yang baik dikonsumsi ibu melahirkan lainnya yakni asupan tinggi serat seperti nasi merah, roti gandum, sayur dan buah. Serat penting untuk meningkatkan asupan energi dan mencegah sembelit pasca-operasi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Makanan #Setelah #Operasi #Caesar #yang #Baik #Dikonsumsi #Ibu #Melahirkan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts