7 Obat Penyebab Asam Lambung Naik

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sejumlah obat-obatan yang dikonsumsi terkadang memiliki efek samping menyebabkan asam lambung naik.

Kenali beberapa obat penyebab asam lambung naik serta cara mengatasinya berikut ini.

Ada beberapa obat yang bisa jadi penyebab asam lambung naik atau kambuh, antara lain:

Dilansir dari EverydayHealth, ibuprofen adalah obat penghilang rasa sakit yang termasuk dalam jenis non-steroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Jenis obat ini bisa mengiritasi lambung karena meningkatkan produksi asam lambung.

Selain ibuprofen, aspirin juga termasuk jenis NSAID yang sering digunakan. Obat ini terkadang juga menyebabkan efek samping asam lambung naik saat digunakan.

Dilansir dari GoodRXHealth, obat osteoporosis jenis bisphosphenates seperti alendronate (fosamax), ibandronate (boniva), dan risedronate (actonel) juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan gangguan pencernaan saat dikonsumsi.

Obat hipertensi untuk menurunkan tekanan darah jenis calcium channel blocker dan beta blocker memiliki efek samping mengendurkan klep pengontrol asam lambung (sfingter esofagus bagian bawah). Kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung naik.

  • Obat penenang dan antidepresan

Seperti beberapa obat hipertensi, Beberapa obat penenang dan pereda kecemasan juga bisa mengendurkan klep pengontrol asam lambung di saluran pencernaan.

Beberapa orang yang mengonsumsi suplemen zat besi terkadang merasakan efek samping asam lambungnya naik. Suplemen ini terkadang bisa membuat lapisan bagian dalam lambung menipis dan rentan memicu maag dan asam lambung naik.

Selain obat hipertensi, penderita tekanan darah tinggi juga sering direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, suplemen ini terkadang bisa menyebabkan maag atau asam lambung naik.

Beberapa jenis antibiotik seperti tetrasiklin juga memiliki efek samping memicu asam lambung naik, diare, dan gangguan pencernaan lain.

Meskipun beberapa obat di atas bisa jadi salah satu faktor penyebab asam lambung naik, tapi hindari sembarangan menghentikan pengobatan apabila sudah diresepkan dokter.

Upayakan untuk konsultasi ke dokter, sehingga dokter dapat meresepkan obat sejenis yang relatif minim efek samping. Selain itu, upayakan duduk tegak sekitar 20 menit setelah minum obat untuk mengatasi asam lambung naik.

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Obat #Penyebab #Asam #Lambung #Naik

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts