10 Penyebab Nyeri Perut Bagian Kiri Bawah, Pantang Disepelekan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Beberapa orang mungkin menganggap nyeri perut di bagian kiri bawah sebagai gangguan yang tidak serius dan dapat hilang dengan sendirinya.

Ya, nyeri ringan di perut bagian kiri bawah dapat mereda dalam 1-2 hari dengan istirahat cukup atau mengoleskan minyak angin.

Namun, nyeri perut bagian kiri bawah juga dapat menyebabkan aktivitas kita terganggu karena tak bisa makan, susah buang air besar, hingga sulit tidur.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab nyeri perut bagian bawah agar kita dapat cepat-cepat mencari pertolongan medis.

1. Gas

Beragam aktivitas dapat menyebabkan tubuh manusia kelebihan gas, antara lain:

  • proses menelan
  • makan berlebihan
  • mengalami gangguan bakteri di usus besar
  • merokok
  • mengunyah permen karet
  • konsumsi makanan pemicu gas, seperti kacang-kacangan, minuman bersoda, gandum, hingga brokoli

Sakit perut bagian kiri bawah bukan kondisi yang serius. Anda dapat pulih setelah istirahat atau mengoles minyak di area perut yang sakit/

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan umumya mengakibatkan rasa sakit di bagian atas perut, tetapi pada beberapa kasus, dapat memengaruhi perut kiri bagian bawah.

Nyeri tersebut juga dapat disertai dengan sensasi terbakar, kembung, sendawa atau kentut terus-menerus, dan mual.

3. Penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan reaksi kekebalan terhadap konsumsi gluten, yaitu protein yang terkandung dalam gandum, jelai, dan gandum hitam.

Seiring waktu, reaksi kekebalan tubuh untuk memakan gluten menciptakan peradangan yang merusak lapisan usus kecil, yang menyebabkan komplikasi medis. Hal ini juga mencegah penyerapan beberapa nutrisi (malabsorpsi).

#Penyebab #Nyeri #Perut #Bagian #Kiri #Bawah #Pantang #Disepelekan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts