5 Cara Mengatasi Maag saat Hamil

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Maag termasuk salah salah gangguan pencernaan yang kerap dirasakan ibu hamil.

Beberapa ciri-ciri sakit maag saat hamil yang jamak dikeluhkan di antaranya mual terus-menerus, perut begah, sering sendawa, sampai dada terasa panas karena asam lambung naik.

Sebelum mengenali beberapa cara mengatasi maag saat hamil, ada baiknya Anda mengenali dulu penyebab masalah kesehatan ini.

Penyebab maag saat hamil

Dilansir dari NHS, gejala maag saat hamil muncul ketika cairan asam untuk mencerna makanan mengiritasi dinding bagian dalam lambung. Penyebab maag saat hamil kerap kambuh bisa dipicu:

  • Perubahan hormon selama kehamilan
  • Pertumbuhan janin di dalam kandungan mendesak lambung
  • Kondisi otot antara perut dan kerongkongan rileks, sehingga klep berupa otot pengontrol asam lambung ikut rileks. Kondisi ini membuat asam lambung rentan naik dari perut ke kerongkongan

Ibu hamil cenderung mengalami maag jika punya riwayat gangguan pencernaan sebelum hamil, kehamilan setelah anak pertama, dan berada di trimester awal dan akhir kehamilan.

Maag juga gampang kambuh jika ibu hamil terlalu banyak makan, makan makanan berlemak dan pedas, mengonsumsi asupan berkafein seperti teh sampai soda, stres, atau banyak membungkuk.

Meskipun gejala maag terasa mengganggu, para ibu hamil sebaiknya tidak khawatir berlebihan. Beberapa cara bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan ini.

Cara mengatasi maag saat hamil

Cara mengatasi maag saat hamil bisa dengan mengatur pola makan sampai gaya hidup sehari-hari. Dilansir dari PregnancyBirthBaby, berikut beberapa di antaranya:

  • Hindari makan berlebihan dan makan sebelum tidur. Ganti pola makan lebih sering misalkan lima kali sehari tapi porsinya kecil-kecil
  • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang sekiranya bisa menyebabkan maag kambuh, seperti kopi, teh, cokelat, jahe, gorengan, daging berlemak, dll
  • Setelah makan, hindari terlalu banyak minum karena terkadang juga bisa menyebabkan perut kepenuhan dan maag kambuh
  • Saat makan, upayakan untuk duduk tegak. Kelar makan juga sebaiknya tidak langsung rebahan atau berbaring
  • Ketika maag kerap kambuh di malam hari, coba tinggikan bantal atau sandaran untuk tidur. Atau, ibu hamil juga bisa coba mengganti posisi tidur dengan miring ke kiri

Jika beragam cara mengatasi maag saat hamil di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ibu hamil perlu berkonsultasi ke dokter.

Dokter biasanya meresepkan obat maag untuk ibu hamil yang aman seperti antasida. Obat maag ini bisa menetralkan asam lambung berlebih.

Hindari sembarangan minum obat saat hamil. Pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan yang menangani sebelum mengonsumsi segala jenis obat, termasuk obat maag.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Mengatasi #Maag #saat #Hamil

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts