Keyboard Favorit Pendiri Apple Kini Hadir di iOS 16

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penggunaan keyboard QWERTY tampaknya menjadi susunan keyboard yang dimiliki seluruh smartphone. Format tersebut telah menjadi keyboard perangkat yang paling umum digunakan.

Read More

Namun, baru-baru ini iOS 16 melakukan pembaruan dengan menambah pilihan keyboard baru yang bernama “Dvorak”. Dvorak merupakan susunan keyboard legendaris yang ditemukan pada 1936 silam, oleh August Dvorak dan William Dealey.

Susunan keyboard tersebut cukup berbeda karena hanya memiliki tujuh tombol di baris pertama yang terdiri dari huruf P, Y, F, G, C, R, dan L. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pengetikan kata, dan membuat pengalaman mengetik lebih nyaman.

Dvorak dan Dealey menganggap bahwa susunan keyboard “Dvorak” jauh lebih eifisen dan efektif dibanding QWERTY. Namun, dikarenakan seiring berkembangnya teknologi keyboard QWERTY, posisi Dvorak pun menjadi tergantikan.

Berikut adalah contoh perbedaan keyboard QWERTY dengan Dvorak.

Phone Arena Perbandingan keyboard QWERTY dengan Dvorak

Keyboard Dvorak jadi favorit pendiri Apple

Apple-1 rakitan Steve Jobs dan Steve Wozniak.Wikimedia Commons Apple-1 rakitan Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Nah, fakta menarik dari kebaruan iOS 16 kali ini adalah salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, mengaku telah menggunakan format keyboard Dvorak. Susunan tata letak keyboard tersebut telah ia pelajari sejak 1993 lalu dan terus menggunakannya sampai sekarang.

“Saat itu saya sedang dalam penerbangan menuju Tokyo dan saya mengikuti (kelas mengetik) Mavis Beacon dalam mode Dvorak. Saya menghabiskan waktu 5 jam untuk mempelajarinya dan tidak pernah lagi melihat keyboard QWERTY. Itu saja,” ujar Wozniak, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (18/10/2022).

“Anak-anak saya sudah berhasil beralih dan belajar Dvorak dalam waktu singkat. Dengan (waktu singkat) sekitar seminggu, (mereka) dapat mengetik secepat di (keyboard) QWERTY,” imbuh Wozniak atau yang akrab disapa Woz.

Karena kesukaannya dengan susunan keyboard Dvorak, Wozniak pernah menyertakan mode keyboard tersebut sebagai fitur dari komputer Apple IIc yang dijual di AS pada 1984.

Ketika tombol “Keyboard” ditekan, sistem akan otomatis mengubah tata letak QWERTY menjadi mode Dvorak, meskipun tombol fisik di komputer tidak berubah, saat keyboard digunakan, huruf yang muncul akan menyesuaikan susunan Dvorak.

Oleh karena itu, saat iOS 16 menghadirkan fitur ini, Woz menyambutnya dengan penuh antusias dengan berkata “OMG (Oh My God/Ya Ampun), Terima kasih banyak”.

Cara mengubah susunan keyboard di iPhone

Untuk pengguna iPhone yang ingin menjajal fitur ini, berikut adalah langkah mudahnya.

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Buka General
  • Pilih Keyboard
  • Klik Bahasa Inggris (English (AS))
  • Ganti dengan “Dvorak”

Pantauan KompasTekno, ponsel Android tidak memiliki pilihan keyboard Dvorak. Pilihan yang tersedia terdiri dari QWERTY, QWERTZ, AZERTY, dan 3×4 keyboard.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Keyboard #Favorit #Pendiri #Apple #Kini #Hadir #iOS #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts