Tanggal 19 Oktober Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 19 Oktober 2022 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ini, terdapat peringatan Bra Day atau Hari Bra.

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 19 Oktober 2022.

Bra Day

Bra Day atau Hari Bra dirayakan untuk menghormati para perempuan yang telah didiagnosis menderita kanker payudara. Hari inilah yang kemudian mempelopori adanya Hari Tanpa Bra atau No Bra Day.

Bra Day dirayakan pada tanggal 19 Oktober dan telah ada sejak tahun 2011. Dr. Mitchell Brown, seorang ahli bedah plastik Kanada, adalah pencetus lahirnya Bra Day.

Adapun tujuan utama hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara, seperti cara mendeteksi dini, pencegahan dan pilihan pengobatan.

Bra Day juga memiliki misi memberdayakan para perempuan yang telah didiagnosis menderita kanker payudara agar memiliki akses ke informasi yang dibutuhkan, termasuk mengenai rekonstruksi payudara bagi pasien yang menjalani mastektomi.

Tak hanya bagi para penderita, edukasi juga perlu dilakukan kepada keluarga dan masyarakat luas.

Hari Tulang dan Sendi Pediatrik Sedunia

Hari Tulang dan Sendi Pediatrik Sedunia atau Pediatric Bone and Joint Day (PB&J Day) diperingati setiap tanggal 19 Oktober.

Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai masalah tulang dan persendian yang sering dialami oleh anak-anak di seluruh dunia.

Dengan adanya hari ini diharapkan para orang tua dan anak dapat mencari tahu tentang penyebab, gejala dan cara mengobati masalah tulang dan persendian.

Untuk diketahui, obesitas pada anak merupakan penyumbang besar masalah tulang dan persendian pada anak. Dengan menurunkan berat badan, masalah tulang dan persendian pun dapat dicegah sejak awal.

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 19 Oktober. Hari ini dicanangkan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada orang-orang yang gugur saat menyelamatkan orang lain.

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia juga menjadi bentuk pengakuan kepada para pejuang garis depan yang menghadapi kesulitan dan bahaya dalam melakukan misi kemanusian untuk membantu orang lain.

Hari ini memiliki keterikatan dengan Hari Kemanusiaan Sedunia yang diperingati tanggal 19 Agustus setiap tahunnya. Secara umum, hari-hari ini dibuat untuk menyerukan dukungan global untuk aksi kemanusiaan.

Hari Kesadaran SUDEP

Kematian mendadak yang disebut Sudden Unexpected Death in Epilepsy (SUDEP) merupakan penyebab kematian terbesar pada penderita epilepsi.

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai SUDEP, dibuatlah Hari Kesadaran SUDEP.

Hari Kesadaran SUDEP diperingati setiap tahun pada hari Rabu ketiga di bulan Oktober. Tahun ini, peringatan tersebut akan jatuh pada tanggal 19 Oktober.

Hari ini bertujuan agar semakin banyak orang yang menyoroti dan terlibat dalam pemberdayaan untuk mengurangi risiko epilepsi dan SUDEP.

Hingga kini, tidak semua orang dengan epilepsi mengetahui atau diberitahu tentang SUDEP dan risiko yang dapat membuat mereka mengalami kejang, cedera atau kematian dini.

Adanya hari Hari Kesadaran SUDEP diharapkan dapat meningkatkan penyebaran informasi penting mengenai epilepsi dan SUDEP sehingga dapat menyelamatkan lebih banyak orang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Oktober #Hari #Memperingati #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts