Pangkormada RI Pertama Agung Prasetiawan Resmi Pensiun

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) pertama Laksamana Madya (Purn) Agung Prasetiawan pensiun dari TNI Angkatan Laut.

Read More

Agung resmi pensiun setelah menjalani upacara wisuda purnawira bersama 81 purnawirawan perwira tinggi lainnya yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Jawa Timur, Senin (24/10/2022) malam.

Dalam amanatnya, Yudo mengatakan bahwa purnabakti bukan akhir dari jalan pengabdian seorang perwira tinggi TNI AL.

Menurutnya, purnabakti merupakan transisi untuk terus mengabdi dengan cara yang berbeda di tengah bermasyarakat.

“Kawah Candradimuka Bumimoro menjadi tempat yang tepat untuk menghantar para wisudawan, karena dari tempat ini pula lah para wisudawan dilahirkan dan memulai langkah pertama pengabdian sebagai perwira,” ujar Yudo dalam keterangan tertulis, Selasa (25/10/2022) malam.

Yudo menjelaskan, wisuda purnawira pada hakekatnya merupakan tradisi TNI AL dalam melepas perwira tinggi yang telah memasuki masa purnabakti.

Menurutnya, tradisi ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus dari seluruh jajaran TNI AL atas dharma bakti yang telah dicurahkan oleh para pendahulu bagi kejayaan TNI AL, TNI, bangsa dan negara.

Yudo juga menyadari bahwa upacara wisuda purnawira bukan sekadar melestarikan tradisi yang harus dijaga, tetapi upacara ini melambangkan pewarisan nilai-nilai luhur perjuangan perwira TNI AL.

“Kejayaan TNI TNI AL tidak dibangun oleh satu generasi, tetapi merupakan bangunan kokoh yang tersusun dari karya generasi ke generasi sesuai masanya sendiri-sendiri, yang terikat kuat oleh satu tekad dan cita-cita yang sama,” terang Yudo.

Dalam kesempatan yang sama, Yudo mengucapkan terima kasih kepada para wisudawan.

“Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas segala jasa, pengorbanan dan pengabdian yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh para wisudawan sekalian,”ucap Yudo.

“Serta penghargaan yang sama kami sampaikan kepada keluarga yang telah menjadi bagian dari pengabdian sebagai prajurit Jalasena,” imbuh Yudo.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pangkormada #Pertama #Agung #Prasetiawan #Resmi #Pensiun #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts