Pertimbangkan AHY Jadi Cawapres Anies, Surya Paloh: Kita Nominasikan, Kita Utak Atik

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tengah mempertimbangkan kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang tepat untuk Anies Baswedan.

Read More

Salah satu figur yang dipertimbangkangkan adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Bisa saja (AHY) tapi itulah yang barangkali harus dimatangkan,” ujar Paloh ditemui di Wisma Nusantara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Hal itu disampaikan Surya pasca makan siang bersama AHY.

Ia menjelaskan pihaknya masih perlu mempertimbangkan banyak hal untuk menentukan cawapres.

Pasalnya, figur cawapres tak hanya dipilih oleh Partai Nasdem, tetapi juga harus diterima, dan cocok dengan Anies.

“Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak atik. Kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek yang memungkinkan hingga pasangan Pak Anies seperti yang diharapkan beliau,” paparnya.

Namun, Paloh enggan menjawab ketika ditanya soal apakah AHY memenuhi kriteria cawapres seperti yang telah ditentukan Anies.

Akan tetapi, Paloh tak menolak jika akhirnya Anies-AHY menjadi pasangan calon untuk berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kalau saya orang tua ini apa, kalau yang baik-baik pasti saya restui,” tandasnya.

Diketahui saat ini Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah menjajaki pembentukan koalisi.

Salah satu yang tengah dibahas adalah penentuan kriteria cawapres.

Di sisi lain sebagai capres yang diusung Partai Nasdem, Anies mendapatkan kebebasan dari Paloh untuk menentukan cawapresnya.

Ia mengungkapkan tiga kriteria cawapres yang tepat untuknya.

“Satu, memberikan kontribusi dalam kemenangan. Kedua, membantu memperkuat koalisi, stabilitas koalisi. Ketiga bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif,” sebut Anies ditemui di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Senin (17/10/2022).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pertimbangkan #AHY #Jadi #Cawapres #Anies #Surya #Paloh #Kita #Nominasikan #Kita #Utak #Atik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts