Sinyal Smartfren Dikeluhkan Hilang dan Tidak Ada Layanan, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Jaringan Smartfren dikeluhkan mengalami gangguan pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

Read More

Pantauan KompasTekno, para pelanggan Smartfren mengeluhkan sinyal Smartfren hilang, Smartfren tidak ada layanan, jaringan Smartfren hilang di iPhone, dan hal serupa lainnya.

Mereka juga mengeluhkan masalah sinyal Smartfren hilang atau tidak ada layanan melalui  media sosial Twitter.

Keluhan-keluhan sinyal Smartfren hilang mereka sampaikan sembari me-mention akun Twitter resmi layanan pelanggan @smartfrencare dan akun @smartfrenworld. Mereka juga membalas twit sejumlah pengguna yang memiliki nasib yang sama.

Berdasarkan sejumlah laporan di jejaring sosial berlogo “burung” itu, gangguan ini melibatkan sinyal Smartfren hilang, sehingga mereka tidak bisa melakukan panggilan telepon dan menggunakan layanan internet Smartfren.

Beberapa dari mereka mengaku perangkat yang dipasangi kartu SIM Smartfren menunjukkan tidak ada layanan alias “no service” sejak Kamis (10/11/2022) siang kemarin.

Ada pula sejumlah pelanggan yang tidak mendapatkan sinyal sejak Kamis sore dan malam kemarin. 

Selain perangkat dengan kartu SIM, tak sedikit pengguna iPhone di Twitter yang mengaku bahwa eSIM Smartfren mereka error dan tidak berfungsi, lantaran tidak ada layanan alias tidak ada sinyal.

Untuk bukti tambahan, beberapa pelanggan Smartfren pun menyertakan tangkapan layar yang memperlihatkan ikon bar sinyal di ponsel mereka menunjukkan tanda silang (X). Ini mengindikasikan bahwa jaringan Smartfren “no signal” alias tidak ada sinyal.

Ada pemeliharaan jaringan

Jika mengacu pada akun media sosial resmi @smartfrenworld di Twitter, gangguan ini mungkin disebabkan oleh pemeliharaan jaringan oleh pihak Smartfren.

“Hai teman Smartfren, demi memberikan layanan terbaik, akan dilakukan pemeliharaan sistem pada 9 Nov 2022 jam 20.00 WIB – 10 Nov 2022 jam 06.00 WIB,” tulis Smartfren.

Seharusnya, perbaikan tersebut sudah selesai. Setidaknya begitu menurut VP Network Operation Smartfren, Agus Rohmat.

Menurut Agus, Saat ini operator seluler tersebut masih melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kualitas jaringan.

“Saat ini Smartfren tengah melakukan pemeliharaan jaringan untuk meningkatkan kualitas yang dirasakan seluruh pelanggan,” ujar Agus dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (11/11/2022). 

Agus menambahkan bahwa pemeliharaan ini sebelumnya sudah diinformasikan kepada pelanggan, dan saat ini kendala yang dikeluhkan para pelanggan tadi diklaim sudah pulih sepenuhnya.

Agus juga mengeklaim bahwa kendala yang dirasakan pelanggan telah 100 persen kembali normal,

Pantauan KompasTekno di Twitter, beberapa pelanggan tampaknya memang sudah bisa kembali menggunakan layanan Smartfren dan tidak mengalami sinyal hilang sejak pagi ini.

Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa pelanggan harus mengaktifkan mode “Airplane” terlebih dahulu, sehingga sinyal Smartfren kembali muncul seperti sediakala.

Namun, pengakuan pelanggan yang sudah mendapatkan sinyal tampaknya tidak lebih banyak dari pelanggan yang mengeluh bahwa sinyal Smartfren mereka masih hilang hingga pagi ini.

Dengan kata lain, rampungnya perbaikan jaringan Smartfren kemungkinan dilakukan secara bertahap, sehingga ada beberapa pelanggan yang sudah mendapat sinyal dan ada juga yang belum mendapatkan sinyal.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Sinyal #Smartfren #Dikeluhkan #Hilang #dan #Tidak #Ada #Layanan #Ini #Penyebabnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts