Ketahui Manfaat Vitamin D untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Vitamin D memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan persendian, hingga mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.

Diketahui, tingkat vitamin D yang rendah dikaitkan dengan risiko peradangan, gangguan fungsi sel beta pankreas (sel pembuat insulin), dan resistensi insulin.

Melihat hal ini, vitamin D dapat mencegah seseorang mengalami diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.

Dilansir dari Verywell Health, sebuah penelitian juga menemukan bahwa vitamin D dalam tubuh dapat mencegah perkembangan diabetes pada orang dengan pradiabetes.

Manfaat vitamin D tak terbatas dalam pencegahan diabetes, melainkan juga mencegah pemburukkan pada penderita diabetes.

Penderita diabetes idealnya memiliki kadar vitamin D sekitar 20-56 ng/ml. Namun, kadar vitamin D yang berada sekitar angka 60-80 ng/ml, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Vitamin D juga diperlukan pasien diabetes untuk mencegah peradangan dan naiknya kadar hemoglobin A1c (A1C) yang lebih tinggi.

Selain itu, vitamin D diyakini dapat meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin atau hormon yang bertanggungjawab untuk mengatur kadar gula darah.

Dengan demikian, konsumsi makanan atau suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko resistensi insulin.

Dilansir dari Diabetes.co.uk, beberapa penelitian juga menunjukkan vitamin D dapat membantu mengatur produksi insulin di dalam pankreas.

#Ketahui #Manfaat #Vitamin #untuk #Mencegah #dan #Mengatasi #Diabetes

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts