Piala Dunia 2022, Luis Enrique Kaget Spanyol Nyaris Tersingkir bareng Jerman

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique terkejut saat mengetahui timnya nyaris tersingkir bersama Jerman di Piala Dunia 2022. 

Read More

Hal tersebut disampaikan Luis Enrique usai pertandingan Jepang vs Spanyol pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022). 

Luis Enrique mengatakan bahwa jika Spanyol benar-benar tersingkir karena hasil pertandingan Kosta Rika vs Jerman, ia bisa mengalami serangan jantung. 

“Kami tersingkir selama tiga menit? Saya tidak memperhatikan pertandingan lain,” kata Luis Enrique, dilansir dari ESPN. 

“Kapan itu terjadi? Saya tidak tahu ini. Saya tidak senang karena kami kalah dari Jepang,” tuturnya menambahkan. 

“Jika saya tahu (Spanyol tersingkir), saya akan mengalami serangan jantung,” ucap Luis Enrique. 

Spanyol dan Jerman terlibat persaingan sengit bersama Jepang serta Kosta Rika pada Grup E Piala Dunia 2022.

Sebelum matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022 pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, keempat tim berpeluang lolos ke 16 besar atau tersingkir. 

Spanyol merupakan pemuncak sementara klasemen Grup E dengan catatan empat poin, disusul Jepang (3 poin), Kosta Rika (3 poin), dan Jerman (1 poin). 

La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, hanya membutuhkan minimal hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Mereka sempat unggul 1-0 melalui Alvaro Morata, sebelum Jepang mencetak dua gol dalam waktu tiga menit pada babak kedua. 

Adapun dua gol Jepang tercipta berkat Ritsu Doan pada menit ke-48 dan Ao Tanaka (51′). 

Pada periode itu, Spanyol akan lolos ke 16 besar sebagai runner-up grup andai di laga lainnya, Kosta Rika gagal menang atas Jerman. 

Akan tetapi, Kosta Rika yang sebelumnya tertinggal 0-1 mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Situasi itu membuat Spanyol turun ke peringkat ketiga dan Jerman menempati posisi keempat klasemen Grup E yang artinya Jepang dan Kosta Rika berpeluang ke 16 besar. 

Namun, Spanyol pada akhirnya bisa bernapas lega karena Jerman mencetak tiga gol dan mengakhiri perlawanan Kosta Rika dengan kemenangan 4-2. 

Jepang yang menang 2-1 atas Spanyol memuncaki klasemen akhir Grup E dengan raihan enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah. 

Sementara itu, Spanyol finis di posisi kedua dengan catatan empat poin dari satu kemenangan, sekali imbang, dan satu kali kalah.

Jumlah poin Spanyol sama dengan Jerman yang berada di urutan ketiga. Akan tetapi, Spanyol berhak menghuni peringkat kedua karena unggul selisih gol. 

Di sisi lain, Kosta Rika menempati dasar klasemen dengan koleksi tiga poin dari satu kemenangan dan dua kali kalah. 

Dengan demikian, Jepang dan Spanyol pun berhak melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Piala #Dunia #Luis #Enrique #Kaget #Spanyol #Nyaris #Tersingkir #bareng #Jerman #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts