Demo Peringati Hari HAM Sedunia di Patung Kuda, Elemen Buruh Suarakan Tolak KUHP

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah elemen buruh yang bedemo di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Sabtu (10/12/2022) melakukan aksi tolak Kitab Undang-undang Hukup Pidana (KUHP) yang baru disahkan.

Read More

Adapun Partai Buruh menggelar aksi unjuk rasa hari ini dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.

Dalam aksi tersebut, Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Saiq Iqbal mengatakan, implementasi pengesahan KUHP menempatkan warga negara sebagai penjahat. 

“Pendekatan warga negara ditempatkan sebagai tanda petik penjahat. Jadi apa pun yang dilakukan warga negara, UU KUHP menempatkan warga negara sebagai kejahatan,” kata Said kepada wartawan, Sabtu.

Said juga menyoroti pasal “kontroversi” penghinaan terhadap presiden. Menurut dia, isi pasal dalam KUHP itu telah menghilangkan sisi kemanusian presiden.

“Presiden adalah seorang manusia, di situlah presiden RI dari partai mana pun dia, diuji ketika menjadi presiden apa dia boleh dikritik oleh warga negara?” kata Said.

Saiq menyebutkan, ada sembilan tuntutan yang disampaikan pada unjuk rasa di pada siang ini, antara lain berkaitan dengan penolakan KHUP.

Selain itu, mereka juga menolak omnibus law UU Cipta Kerja, Land Reform – Reforma Agraria dan Kedaulautan Pangan, menuntut disahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT), meminta usut tuntas semua kasus pelanggaran HAM yang sudah di rekomendasi oleh komnas HAM, dan menolak upah murah.

Kemudian, mereka juga menolak outsourcing, menuntut perjuangkan Jaminan Sosial di antara jaminan makanan, pendidikan, perumahan, air bersih, pengangguran, serta tuntutan terakhirnya adalah berantas Korupsi.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan kepada pemerintah ada 9 tuntutan yang ingin disampaikan,” kata Said di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu.

Said mengatakan, para buruh itu tergabung dari beberapa elemen yakni, partai buruh bersama organisasi serikat buruh, petani, nelayan, miskin kota, dan organisasi perempuan.

Aksi hari ini merupakan peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.

“Demo ini berkaitan menyelenggarakan peringatan hari HAM Sedunia yang jatuh 10 Desember ini,” ujar Said.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Demo #Peringati #Hari #HAM #Sedunia #Patung #Kuda #Elemen #Buruh #Suarakan #Tolak #KUHP #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts