6 Fakta Unik Pernikahan Kaesang-Erina

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep melangsungkan pernikahan dengan Erina Sofia Gudono pada Jumat (10/12/2022).

Read More

Adapun prosesi pernikahan beserta pestanya dilakukan di Solo, Jawa Tengah dan Royal Ambarrukmo, Sleman.

Hari ini, agenda proses pernikahan Kaesang-Erina adalah kirab pengantin Kaesang-Erina di Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran.

Berikut 6 fakta menarik dari pernikahan Kaesang-Erina:

1. Resepsi pernikahan dibuat lima sesi

Dikutip dari , Kamis (8/12/2022), tasyakuran atau resepsi pernikahan Kaesang-Erina berlangsung di Puro Mangkunegaran, Solo pada hari ini, Minggu (11/12/2022).

Undangan resepsi pernikahan Kaesang-Erina dibagi lima sesi dimulai pada pagi hingga malam hari.

Langkah ini dipilih untuk mengantisipasi penumpukan tamu dan kemacetan.

“Tidak ada kategori. Pokoknya sesuai (waktunya). Sesi ini sekian ratus, sesi ini sekian ratus, sesi ini sekian ratus. Biar tidak ada penumpukan dan di pendapi biar tidak terlalu (banyak),” ujar Wali Kota Solo sekaligus kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka kepada Kompas.com, Senin (5/12/2022).

2. Tidak terima sumbangan

Selanjutnya, Gibran mengatakan bahwa dalam acara resepsi dan pernikahan Kaesang-Erina, keluarga tidak menerima sumbangan.

“Tidak ada (sumbangan). Saya dulu tidak ada yang pakai sumbangan, tidak ada kotak sumbangan,” ungkap Gibran.

Gibran menuturkan pihak keluarga hanya mengharapkan doa untuk kebaikan kedua mempelai.

“Lha memang dari dulu tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun. Ya minta doa aja. Karangan bunga boleh,” lanjut dia.

Gibran pun mengungkapkan alasan Jokowi tidak pernah menerima sumbangan.

Selain karena menjabat Presiden, ayahnya disebut tidak mau merepotkan.

“Iya juga (presiden). Tapi intinya kita tidak mau merepotkan. Tamu undangan bisa rawuh (datang) kita sudah seneng,” tuturnya.

3. 45 pesawat jet pribadi pesan tempat parkir

Dilansir dari , Jumat (9/12/2022), Legal, Compliance & Stakeholder, Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo Gerrie Razaq mengaku sudah mendapat 45 pesanan parkir pesawat jet pribadi.

Menurut dia, pesawat jet pribadi itu sudah ada yang datang pada tanggal 7 Desember 2022 lalu.

“Hingga 13 Desember 2022 tercatat 45 request parking stand untuk pesawat charter (jet pribadi),” ungkap dia, Jumat (9/12/2022).

Selain itu, ada permintaan juga dari maskapai.

“Ada 5 request dari airline untuk mengganti tipe pesawat menjadi tipe pesawat yang lebih besar,” jelasnya.

4. Ditarik kereta kencana

Setelah upacara adat Ngunduh Mantu, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

Selama kirab itu, Kaesang-Erina bakal menaiki kereta kencana berwarna hijau tua berkapasitas 4 orang milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedua mempelai akan memimpin rombongan arak-arakan kereta kencana lain yang dinaiki oleh Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Anandha dan anggota keluarga lainnya.

Kereta Kencana ini juga memiliki keistimewaan, yakni satu-satunya kereta yang ditarik dengan 6 kuda, dengan keseluruhan menggunakan kuda betina. Semua kuda berjenis KPI atau blasteran lokal dan Australia.

Rute kirab mulai dari Loji Gandrung Jalan Slamet, kemudian mengarah ke Jalan Diponegoro menuju Puro Mangkunegaran.

Terdapat sembilan panggung hiburan yang didirikan selama kirab tersebut.

5. 16.000 makanan dan minuman gratis untuk warga Solo

Dikutip dari , Sabtu (10/12/2022), Wakil Ketua Panitia Penikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menyampaikan, ada sembilan panggung hiburan yang akan menghibur warga Solo dalam resepsi pernikahan Kaesang-Erina.

Tak hanya itu, ada sekitar 16.000 paket makanan gratis yang sudah dikemas rapi dan siap dibagikan kepada masyarakat umum.

“Setiap tenda 1.000 paket sehingga total 16.000 paket makanan, sedangkan menu makanan gratis pesta pernikahan itu, antara lain pisang dan Mangkokku,” kata Erick Thohir pada Kamis (8/12/2022).

6. Larangan untuk tamu undangan Kaesang-Erina

Dilansir dari , Jumat (9/12/2022), ada juga beberapa larangan yang perlu diperhatikan tamu undangan pernikahan Kaesang-Erina.

  • Dilarang memakai batik parang lereng

Tamu undangan Kaesang Pangarep diminta untuk tidak mengenakan batik parang lereng.

Hal ini sesuai dengan tradisi yang berlaku di Puro Mangkunegaran, Solo, berkaitan dengan makna motif batik tersebut.

  • Tidak membawa kendaraan pribadi

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina akan menjadi acara besar dengan ribuan tamu undangan dan perhatian masyarakat sekitar.
Agar tidak memicu kemacetan, para undangan diharap tidak menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi acara.

Namun panitia acara telah menyiapkan setidaknya 220 bus yang akan mengangkut undangan dari hotel menuju Puro Mangkunegaran, begitu pula sebaliknya.

Tamu undangan Kaesang juga diwajibkan membawa undangan agar bisa masuk ke lokasi acara.

Setiap undangan yang disebar disertai dengan barcode untuk memastikan identitas tamu, guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

  • Tidak menerima amplop/sumbangan

Dalam undangan, yang kemudian beredar di media sosial, para undangan diminta untuk tidak membawa sumbangan maupun kado apa pun.

Gibran mengatakan, keluarganya hanya berharap mendapatkan doa sebagai hadiah terbaik untuk pernikahan adiknya.

(Sumber: Kompas.com/Reza Kurnia Darmawan, Khairina, Fristin Intan Sulistyowati, Sekar Langit Nariswari | Editor: Reza Kurnia Darmawan, Khairina, Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus, Sekar Langit Nariswari)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Fakta #Unik #Pernikahan #KaesangErina #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts