Karung Pasir di Tengah Jalan Pejaten Diduga Diletakkan Malam Hari Tanpa Izin

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah karung berisi pasir, semen dan puing yang berada di tengah jalan Pejaten Barat Raya, diduga diletakan oleh orang tak bertanggung jawab pada malam hari.

Karung itu digunakan untuk menutupi lubang galian optik yang baru rampung diperbaiki dan semennya masih basah.

Namun, keberadaan karung itu dikeluhkan oleh warga karena dianggap membahayakan pengguna jalan.

“Itu (karung pasir dan puing) diduga diletakkan malam hari. Pagi-pagi sudah ada begitu. Saya juga kaget,” ujar┬áLurah Pejaten Barat, Asep Ahmad Umar saat dikonfirmasi, Selasa (3/1/2023).

Asep mengemukakan, pada Senin, sekitar pukul 21.00 WIB, karung itu belum ada di tengah Jalan Pejaten Barat.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, proses perbaikan dan peletakan karung diduga dilakukan pada Senin (2/1/2023) malam di atas pukul 22.00 WIB.

“Saya hampir jam 9 malam, melintas belom ada. Ada satu penjual parfum itu jam 10 dia tutup, itu juga belom ada,” ucap Asep.

Ia menduga sederet karung itu berada di sana setelah pekerja provider telah melakukan perbaikan pada kabel optik.

Pengerjaan perbaikan yang harus membongkar tutup lubang kabel optik tersebut dilakukan tanpa izin.

Asep mengatakan, ada dua lokasi di Jalan Pejaten Barat Raya yang ditutup karung itu.

Lokasi pertama berada di tengah. Sedangkan titik lainnya berada di pinggir jalan akses menuju ke arah Warung Buncit, Jakarta Selatan.

“Betul. Satu di tengah dan satu di pinggir. Itu kedua-duanya, sudah kami singkirkan,” kata Asep.

Sebelumnya, warga sekitar, Ahmad Zaki (34) mengatakan, keberadaan karung di tengah jalan membahayakan karena beberapa pengendara terkejut hingga hampir menabrak karung tersebut

“Banyak yang dari arah Kemang mau belok ke Pejaten, kaget lihat ada karung tengah jalan. Hampir nabrak. Ini bahaya banget,” kata Zaki di lokasi.

Menurut Zaki, sejumlah karung yang berada di tengah jalan ini menjadi kali kedua. Sebelumnya kondisi serupa juga pernah terjadi dengan masalah yang sama.

“Saya tak tahu kapan dan siapa yang meletakan. Tapi kayaknya sebelumnya juga pernah juga dijaga kayak gini,” ucap Zaki.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com di lokasi, setidaknya lebih dari tiga karung berisi pasir dan semen yang mengelilingi tutup lubang.

Sejumlah karung berisi pasir itu diduga untuk menjadi penghalang agar tutup dari lubang itu tak terlindas roda kendaraan. Namun belum diketahui lubang tersebut.

Hal itu dilakukan karena tutup dari lubang itu tampak baru diperbaiki. Terlihat dari sisi tutup lubang itu terdapat semen yang masih belum mengering sepenuhnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Karung #Pasir #Tengah #Jalan #Pejaten #Diduga #Diletakkan #Malam #Hari #Tanpa #Izin

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts