Bangun Tanggul Jalan Lingkar Pulau Kelapa, Pemkab Kepulauan Seribu Gelontorkan Rp 34 Miliar

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, menggelontorkan dana hingga Rp 34 miliar untuk pembangunan tanggul jalan lingkar di Pulau Kelapa.

Read More

Tanggul yang telah rampung dikerjakan itu, merupakan proyek Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu. Menurut Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri, proyek diselesaikan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“APBD pekerjaan jalan lingkar di Pulau Kelapa terdiri dari pekerjaan jalan lingkar utara sebesar Rp 16 miliar, dan jalan lingkar selatan Rp 18 miliar, dengan total Rp 34 miliar,” ujar Hendri memberikan keterangan, Rabu (4/1/2023).

Adapun tanggul tersebut telah selesai dibangun sejak Desember 2022 lalu. Hendri menyebut, tanggul jalan lingkar di Pulau Kelapa memiliki panjang hingga 560 meter. Sepanjang 313 meter untuk segmen utara, dan 247 meter untuk segmen selatan.

‚ÄúPembangunan ini dilengkapi sarana prasarana pendukung pariwisata berupa railing pengaman, anjungan tempat aktivitas warga, lampu penerangan di sepanjang tanggul,” kata Hendri.

Hal ini, lanjut dia, dilakukan untuk mengamankan pantai dari daya rusak gelombang. Selain itu, bertujuan untuk membuka akses pantai bagi masyarakat setempat dan wisatawan.

Pembangunan tanggul serupa juga akan dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pulau Tidung, serta Kelurahan Pulau Pari di tahun 2023.

“Rencananya kami akan melakukan (pembangunan tanggul) di Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Tidung dan Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari. Langkah ini sebagai bentuk dukungan SDA mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” jelas Hendri.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bangun #Tanggul #Jalan #Lingkar #Pulau #Kelapa #Pemkab #Kepulauan #Seribu #Gelontorkan #Miliar

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts