Tanggal 8 Januari Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 8 Januari 2023 jatuh pada hari Minggu. Pada hari ini, umat Katolik merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 8 Januari 2023.

Pesta Pembaptisan Tuhan

Pesta Pembaptisan Tuhan dirayakan setiap tahun pada hari Minggu setelah tanggal 6 Januari yang merupakan Epifani atau Hari Raya Penampakan Tuhan.

Tahun ini, Pesta Pembaptisan Tuhan dirayakan pada tanggal 8 Januari.

Namun, di negara-negara di mana perayaan Epifani dipindahkan ke hari Minggu, maka Pembaptisan Tuhan juga dipindahkan ke hari berikutnya, yakni Senin.

Dengan begitu, ada juga yang merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan pada tanggal 9 Januari.

Pesta Pembaptisan Tuhan memperingati pembaptisan Yesus di Sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis.

Awalnya, Pesta Pembaptisan Tuhan merupakan salah satu dari tiga peristiwa Injil yang dirayaan pada saat Epifani.

Namun, reformasi liturgi yang dilakukan Paus Pius XII pada 1955 membuat Pesta Pembaptisan Tuhan dinyatakan sebagai entitas yang terpisah dari dua peristiwa lainnya, yaitu kedatangan orang Majus dan mujizat di Kana.

Paus Pius XII mengadakan Pesta Pembaptisan Tuhan secara terpisah, yaitu sesudah Epifani.

Pesta ini menutup siklus Natal dalam kalender Katolik Roma. Pesta Pembaptisan Tuhan dianggap sebagai salah satu hari raya yang paling penting dan dinantikan.

Hari berdirinya Kongres Nasional Afrika

Partai politik Afrika Selatan, African National Congress (ANC) atau Kongres Nasional Afrika berdiri pada tanggal 8 Januari 1812.

Awalnya, partai ini bernama South African Native National Congress atau Kongres Nasional Pribumi Afrika Selatan.

Pendiri ANC di antaranya Albert Lutuli yang kemudian menerima Nobel Perdamaian, Sol Plaatje, serta John Langalibalele Dube yang menjadi presiden pertama ANC.

Adapun tujuan pendirian ANC, yakni untuk melindungi hak-hak kaum kulit hitam dan menentang politik apartheid tanpa kekerasan.

Salah satu tokoh perjuangan ANC yang terkenal adalah Nelson Mandela, yang berhasil menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan periode 1994-1999.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Januari #Hari #Memperingati #Apa

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts