Jadwal Baru Timnas Basket Indonesia di Test Event FIBA World Cup 2023

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Jadwal timnas basket Indonesia pada test event FIBA World Cup 2023 mengalami perubahan. Hal ini karena menyesuaikan kondisi tim Suriah yang terlambat tiba di Jakarta.

Read More

Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) yang menjadi test event untuk FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket FIBA 2023 digelar di Indonesia Arena, Jakarta, pada 2-5 Agustus 2023.

Test event FIBA World Cup 2023 tersebut diikuti oleh Indonesia, Suriah, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Adapun Indonesia selaku tuan rumah membagi tim menjadi timnas basket Indonesia dan Indonesia Patriots.

Timnas basket Indonesia diisi oleh para pemain yang berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2022 Kamboja beberapa waktu lalu.

Sementara itu, skuad Indonesia Patriots dihuni oleh para pebasket muda yang disiapkan untuk membela tim Merah Putih pada masa mendatang.

Pada hari pertama, Rabu (2/8/2023), timnas Indonesia awalnya dijadwalkan melawan Suriah pada pukul 16.45 WIB.

Akan tetapi, panitia pelaksana (panpel) IIBI kemudian mengubah jadwal tanding yakni timnas Indonesia menghadapi Indonesia Patriots lebih dulu.

Kemudian pada laga malam pukul 20.30 WIB yang awalnya Uni Emirat Arab vs Indonesia Patriots diganti menjadi Uni Emirat Arab vs Suriah.

Perubahan jadwal itu terjadi karena tim Suriah terlambat tiba di Jakarta. Dengan mempertimbangkan kondisi atlet, panpel akhirnya melakukan penyesuaian jadwal tanding tim Suriah.

“Perbasi meminta mengubah panpel pertandingan dengan mempertimbangkan kondisi tim Suriah. Sebab, mayoritas pemain mereka baru tiba di Jakarta pada Selasa (2/8/2023) pagi ini karena force majeur keterlambatan jadwal pesawat yang tiba di Jakarta,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi melalui siaran pers yang diterima Kompas.com.

Selain faktor kondisi pemain, alasan lain penyesuaian jadwal adalah pihak Suriah yang dinilai tidak akan bisa memberikan perlawanan maksimal jika langsung bermain melawan timnas senior. 

Padahal ajang IIBI ini digunakan untuk timnas basket Indonesia senior sebagai bahan evaluasi menuju prakualifikasi Olimpiade yang berlangsung di Suriah pada 12 Agustus mendatang. 

Berdasarkan peringkat FIBA, Suriah merupakan tim terbaik pada event IIBI ini. Tim basket putra Suriah saat ini berada di peringkat ke-72 FIBA World Ranking. Adapun Indonesia saat ini menempati posisi ke-85, sedangkan UEA di peringkat 106.

“Pertimbangan-pertimbangan ini yang membuat kami memutuskan menyesuaikan jadwal pertandingan,” kata Nirmala.

Penyesuaian jadwal tersebut lantas berdampak pada pertandingan hari terakhir pada Sabtu (5/8/2023).

Timnas Indonesia yang terjadwal menghadapi Indonesia Patriots pada pukul 16.45 berganti lawan menjadi meladeni Suriah.

Sementara itu pada hari yang sama, Indonesia Patriots akan bertanding melawan Uni Emirat Arab mulai pukul 20.30 WIB. Adapun untuk jadwal hari kedua, Jumat (4/8/2023), tidak mengalami perubahan.

Manajer timnas basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, mengaku tidak mempermasalahkan penyesuaian jadwal tersebut.

“Justru kami menyambut baik karena timnas senior dipastikan menghadapi lawan-lawan yang berada dalam kondisi terbaiknya. Dengan itu, coach Milos Pejic bisa melihat siapa-siapa pemain yang layak masuk ke dalam tim untuk turnamen prakualifikasi Olimpiade 2024 nanti mulai 12 Agustus di Suriah,” kata Jeremy.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah baru Indonesia International Basketball Invitational yang menjadi test event FIBA World Cup 2023.

Rabu, 2 Agustus 2023

  • 16.45 WIB – Tim Nasional Indonesia vs Indonesia Patriots (82-56)
  • 20.30 WIB – Suriah vs Uni Emirat Arab

Jumat, 4 Agustus 2023

  • 16.45 WIB – Indonesia Patriots vs Suriah
  • 20.30 WIB – Uni Emirat Arab vs Tim Nasional Indonesia

Sabtu, 5 Agustus 2023

  • 16.45 WIB – Tim Nasional Indonesia vs Suriah
  • 20.30 WIB – Uni Emirat Arab vs Indonesia Patriots

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jadwal #Baru #Timnas #Basket #Indonesia #Test #Event #FIBA #World #Cup

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts