Kapan Anak Mulai Belajar Sikat Gigi? Begini Penjelasan Ahli…

  • Whatsapp

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Pasalnya, banyak anak Indonesia yang mengalami masalah kesehatan gigi, seperti gigi berlubang.

“Kalau misalnya kita lihat dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar), tujuh dari sepuluh anak Indonesia memiliki gigi berlubang,” jelas drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., saat berbincang di peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023 yang diselenggarakan Pepsodent, di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (11/9/2023).

Lantas, kapan sebaiknya anak mulai belajar sikat gigi? Ternyata, para ahli menganjurkan anak belajar kebiasaan baik ini sebelum gigi pertamanya tumbuh.

Anak bisa mulai dikenalkan dengan alat-alat untuk menyikat gigi, seperti dengan mainan, setidaknya di usia enam bulan sehingga lebih familiar dengan kebiasaan sikat gigi.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan serta manfaat mengenalkan kebiasaan menyikat gigi sejak dini pada anak berikut ini.

Umur berapa anak mulai belajar sikat gigi?

Kompas.com/Ria Apriani Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., saat berbincang di acara peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023 di Fakultas Kedokteran Gigi dan Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Gadjah Mada, Selasa (11/9/2023).

Mengenalkan kebiasaan menyikat gigi perlu dilakukan sejak dini agar kesehatan gigi tetap terjaga dan terhindar dari masalah kesehatan, termasuk gigi berlubang.

Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia drg. Usman Sumantri, MSc. menyebutkan, para orangtua tidak perlu menunggu hingga gigi pertama muncul, atau sekitar umur 5 bulan, untuk mengenalkan kebiasaan menyikat gigi pada anak. 

“Mengenalkan sikat gigi itu justru pada saat dia (anak) sudah bisa main. Sekarang ada mainan-mainan yang dokter-dokteran itu ya, itu sudah ada sikat giginya, sudah ada phantom-nya, itu sudah memperkenalkan menyikat gigi,” jelas Usman, salah satu narasumber BKGN di UGM. 

Menurut Usman, penggunaan mainan dapat membuat anak lebih familiar dengan alat-alat yang biasa digunakan untuk menyikat gigi, sehingga kebiasaan ini lebih mudah terbentuk seiring berjalannya usia.

Selain menggunakan mainan, para orangtua juga perlu melakukan intervensi atau membantu membersihkan gigi anak, terlebih sebelum tidur.

#Kapan #Anak #Mulai #Belajar #Sikat #Gigi #Begini #Penjelasan #Ahli

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts