6 Penyebab ASI Tersumbat, Termasuk Akibat Stres

  • Whatsapp

KOMPAS.com – ASI tersumbat adalah kondisi yang terjadi ketika saluran payudara tidak lancar. Kondisi tersebut menyebabkan penurunan volume ASI, payudara terasa sakit, dan membengkak.

Gejala ASI tersumbat atau blocked ducts juga bisa berupa munculnya bintik putih kecil di area puting (milk bleb), terdapat benjolan di payudara, serta cairan susu yang lebih kental atau berlemak ketika diperas.

Ada beberapa penyebab ASI tersumbat, bisa karena kondisi fisik ibu yang kelelahan dan stres mengurus new born hingga hiperlaktasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentnag penyebab ASI tersumbat, simak penjelasan berikut.

Apa penyebab ASI tersumbat?

Disarikan dari laman Ayo Sehat Kemenkes dan What to Expect, berikut beberapa penyebab ASI tersumbat:

  • Ibu kelelahan dan stres berlebihan

Proses persalinan baik secara pervaginam maupun operasi sesar tentunya membuat menguras energi para ibu.

Usai melahirkan sebagian wanita juga bisa disibukkan dengan rutinitas bersama si kecil, seperti mengganti popok, menggendong bayi, dan begadang. Aktivitas tersebut bisa menyebabkan ibu kelelahan dan stres.

Jika dibiarkan, kelelahan dan stres bisa berefek pada kelancaran menyusui, salah satunya memicu ASI tersumbat.

Tidak semua anak yang baru dilahirkan langsung mahir dalam menyusu, baik secara langsung dari payudara ibu maupun dengan botol dot.

Bayi yang lahir prematur atau memiliki masalah medis seperti tongue-tie (kesulitan menjulurkan lidah) dan bibir sumbing, perlu menjalani perawatan khusus dan dilatih untuk menyusu.

#Penyebab #ASI #Tersumbat #Termasuk #Akibat #Stres

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts