TPA Liar di Limo Depok yang Kebakaran Sudah Ditutup, tapi Dijebol Lagi Warga

  • Whatsapp

DEPOK, KOMPAS.com –┬áSekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri mengungkapkan, Pemerintah Kota Depok sudah berulang kali menyegel tempat pembuangan akhir (TPA) liar di wilayah Limo.

Namun, TPA itu kembali dijebol warga yang hendak membuang sampah.

“Sebetulnya kan itu memang TPA liar, sudah ditutup dan sudah kami evakuasi dari awal. Cuma muncul lagi, dijebol lagi. Artinya ini memang PR kami. Sebetulnya itu udah clear dari awal, itu TPA liar,” ungkap Supian saat ditemui Kompas.com di Mapolres Metro Depok, Kamis (26/10/2023).

Selain membuang sampah, kata Supian, orang tak bertanggung jawab juga membakar sampah di sana.

Akibat pembakaran sampah, dua titik di TPA liar itu dilanda kebakaran selama dua hari sejak Minggu (22/10/2023).

Kini Pemkot Depok akan kembali menutup TPA tersebut.

“Sudah pernah dan harusnya ditutup permanen. Cuma masih ada pihak-pihak yang terus memanfaatkan itu buat pembuangan sampah, begitu banyak dibakar. Kami harus turun lagi (untuk menutup permanen), karena seperti ini berulang,” kata dia.

Supian mengakui, kejadian ini terus berulang tak lepas dari minimnya sumber daya manusia (SDM) Pemkot Depok untuk mengawasi area tersebut.

Karena itu, dia meminta masyarakat dan pengurus lingkungan sekitar segera melapor apabila melihat aktivitas pembuangan sampah ilegal di tempat itu.

“Jadi kami berharap dukungan masyarakat sekitar, Pak RT, Pak RW, Pak Lurah, Pak Camat untuk mengontrol terus (agar) tidak ada sampah-sampah liar yang dibuang ke situ,” tutur Supian.

“Minta dukungan dari masyarakat sekitar. Kalau kami kan pengawasan terbatas. Masyarakat situ kan yang tahu bahwa ada buang sampah, ya bantu kami untuk melarang,” imbuh dia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#TPA #Liar #Limo #Depok #yang #Kebakaran #Sudah #Ditutup #tapi #Dijebol #Lagi #Warga

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts