Kreator Konten Minta Maaf Usai Dilaporkan karena Video Parodi FTV “Jasa Bikin Anak Keliling”

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kreator konten Vicky Kalea alias Vicky Hidayat (30) meminta maaf usai video parodi FTV berjudul “Jasa Bikin Anak Keliling” dilaporkan lantaran menggunakan logo resmi stasiun TV Indosiar.

Vicky muncul setelah konferensi pers kasus itu digelar di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (16/11/2023). Dia lalu membacakan tulisan pada kertas yang dipegangnya.

“Saya, Vicky Kalea dengan ini menyampaikan permintaan maaf dan saya akan tanggung jawab atas konsekuensi kesalahan saya membuat video TikTok Pada tanggal 26 Juni 2023,” kata Vicky, membacakan isi surat tersebut.

Ia mengakui telah menggunakan logo Indosiar dalam kontennya dan diunggah di TikTok tanpa izin ke pihak perusahaan. Vicky juga menyatakan dirinya bersalah.

“Perbuatan saya tersebut telah membuat kerugian pihak Indosiar. Karena itu saya sangat menyesal,” ucap Vicky.

“Dengan ini saya sampaikan permohonan maaf dari lubuk hati saya paling dalam, atas kelalaian itu,” imbuh dia.

Momen ini dijadikannya sebagai pembelajaran agar tak mengulangi kesalahan yang sama. Dalam kesempatan tersebut, Vicky memohon agar bisa dimediasi dengan pelapor, yakni PT Indosiar Visual Mandiri.

“Saya mengimbau dengan tegas kepada pihak yang telah me-repost¬†atau yang bikin konten dengan tema yang sama untuk segera menghapus,” ujar dia.

Stasiun TV dikecam penonton

Vice President Legal PT Indosiar Visual Mandiri Sunarsih menyampaikan, konten yang dibuat Vicky menyebabkan perusahaannya mendapat kecaman dari penonton.

“Kami mendapatkan teguran cukup luas, bahkan kami mendapatkan kencaman dari pencinta program religi ini. Dari program religi Pintu Berkah, menjadi narasinya seperti itu,” jelas Sunarsih.

Dia menilai, isi konten Vicky Kalea yang memarodikan program tersebut dibuat dengan narasi yang tidak pantas. Hingga akhirnya, video tersebut diunggah dan ditonton banyak pengguna sosial media.

“Akibatnya kami menerima begitu banyak pertanyaan dari pihak-pihak yang berwenang, mempertanyakan citra Indosiar yang memiliki program seolah-olah itu bagian dari program Indosiar. Ini yang sangat meresahkan kami,” tutur dia.

Alhasil, pihaknya pun melaporkan Vicky ke Mapolres Metro Jakarta Barat pada 17 Juli 2023. Dalam kasus ini, Vicky berstatus sebagai terlapor.

Seleb TikTok tersebut dilaporkan melanggar Pasal 100 dan atau Pasal 101 dan atau Pasal 102 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan atau Pasal 35 juncto Pasal 51 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi menyebut laporan itu dibuat lantaran Vicky Kalea menyalahgunakan merek stasiun TV.

“Dalam keterangan terlapor Vicky Kalea, proses pembuatan konten video ‘Jasa Bikin Anak Keliling’ diambil menggunakan ponsel pribadinya,” papar Syahduddi.

Istri Vicky membantu mengambil video. Potongan video disunting, lalu diunggah ke akun TikTok @vicky_kalea.

“Setelah jadi, diunggah dan di-posting di media sosial TikTok-nya dengan tujuan konten parodi video tersebut akan menambah jumlah followers-nya,” papar Syahduddi.

Unggahan video parodi itu telah disukai 19 juta kali oleh warganet.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kreator #Konten #Minta #Maaf #Usai #Dilaporkan #karena #Video #Parodi #FTV #Jasa #Bikin #Anak #Keliling #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts